Organisasi dan Kita

Banyak orang yang tahu arti organisasi. Singkatnya kumpulan, jika hanya sebatas kumpulan tanpa tahu apa tujuannya maka itu adalah sebuah persatean.
Hewan pun berkumpul, mereka punya populasi dan mereka berinsting untuk melindungi diri dari ancaman dan sekedar mencari makan. Banyak hari ini, manusia, memiliki kelebihan yang diberikan oleh tuhan yakni akal untuk berfikir tapi tak ubahnya seperti hewan yang hanya bergerombol untuk mencari aman dan menjadi kaum oportunis, ketika dia berkuasa akan memangsa yang lemah.

Organisasi apa yang pernah anda ikuti ? kenapa anda ikut ? kenapa tidak ? seperti apa kerjanya ? dan bagaimana pengelolaannya ?. Pertanyaan yang lebih penting adalah apa tujuan organisasi ?

Organisasi : Definisi dan Pengertian

Banyak pandangan mengenai definisi organisasi, ada yang pro karena cocok satu sama lain, ada yang berbeda. Pada dasarnya organisasi adalah wadah atau tempat bagi orang-orang yang berkumpul,  bekerja bersama secara rasional dan sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (metode, material, mesin, lingkungan, uang), sarana-prasarana, data dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien untuk mencapai tujuan organisasi.

Organisasi ada, karena adanya pengaruh seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Artinya, organisasi yang baik adalah organisasi yang keberadaannya di rasakan manfaatnya oleh masyarakat, karena memberikan kontribusi seperti; pengembangan Sumber Daya Manusia yang akhirnya dapat menyelesaikan persoalan hidup individu dan masyarakat.

Di dalam organisasi orang-orangnya pempunyai keter-kait-an yang terus menerus. Rasa keter-kait-an ini buka berarti selama hidupnya tapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.

Dalam berorganisasi setiap individu dapat berinteraksi dengan semua struktur yang terkait baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung kepada organisasi yang mereka pilih. Agar dapat berinteraksi secara efektif setiap individu bisa berpartisipasi pada organisasi yang bersangkutan. Dengan berpartisipasi setiap individu dapat lebih mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan.

Pada dasarnya partisipasi didefinisikan sebagai keterlibatan mental atau pikiran dan emosi atau perasaan seseorang di dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan.

Keterlibatan aktif dalam berpartisipasi, bukan hanya berarti keterlibatan jasmaniah semata. Partisipasi dapat diartikan sebagai keterlibatan mental, pikiran, dan emosi atau perasaan seseorang dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan serta turut bertanggung jawab terhadap usaha yang bersangkutan.

Lalu, yang menjadi pertanyaan, apa dan siapa itu kita dan kesamaannya dengan organisasi ?

Coba, pikirkan dan renungkan pertanyaan untuk mengenal Diri itu. Jika sudah, siapa kita ? dan apa kita ?

Anda adalah mahasiswa yang telah melewati jenjang sekolah dasar, menengah dan atas. Pasti pernah belajar Ilmu Pengetahuan Alam atau biologi. Ya, kita adalah manusia, mahluk hidup yang terdiri dari kumpulan sel, jaringan, organ dan lainnya. Jika bagian dari tubuh kita ada yang tidak bekerja dengan baik maka sakit yang kita rasakan atau jika organ vital yang tidak bekerja apa yang terjadi ? ya, kematian.

Yang lebih parah adalah jika kita hidup namun tak tahu apa tujuan kita hidup. Maka, sebaliknya, jika kita tahu tujuan hidup kita maka berbahagialah dan “kebahagian yang hakiki haruslah diikuti umat manusia lainnya” kata Bung Sjahrir.

Jadi, hiduplah bersama-sama saling merasakan apa yang orang lain rasakan dan dengan terus bebas berkarya bersama untuk hidup yang lebih baik.

Sumber tulisan:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s