Gaya Belajar dan Perilaku Informasi

Ilmu Perpustakaan & Informasi

Dalam soal “gaya-gaya“an manusia adalah mahluk yang sangat kreatif. Lalu, apakah ada gaya berbeda dalam belajar dan dalam mencari informasi di kalangan siswa atau mahasiswa. Sejauh ini gaya mahasiswa yang tertampak adalah gaya “mejeng” 🙂 . Mungkinkah kita meneliti gaya lain selain fashion dan pola konsumsi di kantin? Mungkin saja!! Misalnya adalah penelitian tentang proses belajar di Inggris.

Sebagai bagian dari penelitian tentang pendidikan pada pertengahan 1970-an, G. Pask dan kawan-kawan meneliti bagaimana murid menjalani proses belajar tentang berbagai topik yang tergolong rumit, seperti taksonomi biologi, jaringan mata-mata internasional, kinetika, dan jaman pemerintahan Raja Henry VIII. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ada dua “gaya” (style) umum di kalangan murid, yaitu holist dan serialist.

  • Gaya holist (holistik) cenderung menggunakan pendekatan global, memeriksa keterkaitan berbagai topik sejak awal proses belajar, dan berkonsentrasi pada upaya membangun gambaran yang menyeluruh tentang suatu persoalan di awal proses belajar.
  • Sebaliknya, gaya…

Lihat pos aslinya 643 kata lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s