Sejarah Hipmagro

Himpunan Profesi Mahasiswa Agroteknologi (Hipmagro) berdiri pada 19 Oktober 1965, atas dorongan hak dan tanggung jawab serta pengabdian kepada masyarakat, bangsa, dan almamater Fakultas Pertanian Unswagati Cirebon, kami mahasiswa Agroteknologi Unswagati mempunyai kewajiban belajar, berkarya, dan berjuang.

Atas dasar ini pula sesuai dengan asas kemahasiswaan yakni Tridharma Perguruan Tinggi : Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat, kami Mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian Unswagati berhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Agroteknologi.

Dalam perjalanannya Hipmagro mengalami pasang surut, hingga pada tahun 2012 Himpunan di tata kembali dan dirumuskan  menjadi wadah juang dan berkarya untuk mengabdikan diri kepada masyarakat pada umumnya dan pertanian pada khususnya. Dari mengadakan kegiatan budidaya, diskusi, kunjungan, dan aksi turun ke masyarakat dengan kegiatan sosialisasi vertikultur.

Namun dinamika pada kepengurusan selanjutnya di isi oleh mahasiswa yang tidak didasari pada keinginan membangun bersama-sama Himpunan. Hingga terjadi kepemimpinan yang tidak berjalan efektif dikarenakan hanya ketua yang mau dan siap bergerak untuk membangun Hipmagro. Sampai pada terpilihnya kader Hipmagro angkatan 2013 walau hanya segelintir mahasiswa.

Hipmagro ditangan pengurus angkatan 2013 bersama kawan-kawan yang lebih dulu di Hipmagro dibangunkan kembali dan bekerja bersama-sama untuk berjuang.

Sejarah memang memiliki sisi indah dan kelam. Tapi Sejarah harus di Materialisme-Dialektika-kan untuk maju kedepan dengan baik dan benar.

Salam Pertanian !

Iklan